Mengapa tata kerja, system kerja maupun prosedur kerja merupakan satu kesatuan yang bulat, jelaskan secara singkat!
ketiga – tiganya merupakan tindak lanjut dalam rangka pelaksanaan suatu bidang pekerjaan tertentu.
Jelaskan perbedaan pengertian antara tata kerja, system kerja, dan
prosedur kerja. Dari ketiga kergiatan tersebut menurut saudara
mana yang paling penting?
Tata kerja
merupakan cara pekerjaan dengan benar dan berhasil guna atau bias mencapai tingkat efisien yang maksimal.
Prosedur
merupakan tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu pekerjaan
baik mengenai dari mana asalnya dan mau menuju mana,kapan pekerjaan
tersebut harus diselesaikan maupun alat apa yang harus digunakan agar
pekerjaan tersebut dapat diselesaikan.
Sistem
merupakan susunan antara tata kerja dengan prosedur yang menjadi satu sehingga membentuk suatu pola tertentu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
Sebutkan prinsip – prinsip yang harus dipakai dalam penggunaan tata
kerja, system kerja, dan prosedur kerja. Apa kegunaan prinsip – prinsip
tersebut bagi pelaksanaan kegiatan ketiga hal tersebut. Tata kerja,
prosedur kerja, dan system kerja harus disusun dengan memperharikan segi
– segi tujuan, fasilitas, peralatan material, biaya, dan waktu yang
tersedia serta segi luas, macam,dan sifat dari tugas atau pekerjaan.
Untuk mempersiapkan hal – hal itu dengan setepat – tepatnya maka
haruslah terlebih dahulu dipersiapkan adanya penjelasan tentang tujuan
pokok organisasi, skema, klasifikasi jabatan, analisa jabatan, unsur
kegiatan organisasi dan semacamnya.
Pilih salah satu pokok bidang tugas yang akan dibuat bagan prosedurnya.
Selanjutnya harus dibuat dan dijelaskan daftar dari tiap – tiap detail
pekerjaan yang harus dilakukan berikut lamanya waktu yang diperlukan
untuk melaksanakan bidang tugas yang termaksud.
Dalam penetapan tahap demi tahap dalam rangkaian pekerjaan maka antara
tahap yang satu dengan tahap berikutnya harus betul – betul terdapat
saling hubungan yang sangat erat yang keseuruhannya menuju kea rah satu
tujuan.Dan tiap – tiap tahap itu harus betul – betul merupakan suatu
kerja yang nyata dan perlu untuk pelaksanaan dan penyelesaian seluruh
tugas atau pekerjaan yang dimaksud. Harus ditetapkan pula skill atau
kecakapan dan keterampilan tenaga kerja yang diperlukan untuk
penyelesaian bidang tugas termaksud. Jadi ini dimaksudkan untuk tidak
memperpanjang prosedur kerja.
Tata kerja, procedur kerja, dan system kerja itu harus disusun sedemikian rupa sehingga memiliki stabilitas dan fleksibilitas..
Perlu diperhatikan bahwa penyusunan system, prosedur, dan tata kerja
harus selalu disesuaikan dewngan kemajuan jaman dan teknologi, jadi haru
dijaaga updateednessnya.
Untuk penggambaran tentang penerapan sesuatu prosedur tertentu sebaiknya
dipergunakan tanda – tanda atau symbol dan skema atau bagan prosedur
dengan setepat – tepatnya. Untuk menjamin tata kerja, prosedur kerja,
dan system kerja yang setepat – tepatnya, maka adanya buku – buku
pedoman ( manuals ) tentang hal – hal itu mutlak perlu dipersiapkan.
Mengapa dalam tata kerja, system kerja, dan prosedur kerja harus selalu
disusun untuk memiliki sifat stabilitas dan fleksibilitas. Jelaskan dan
beri contoh!
Stabilitas
maksudnya bahwa system, tata, dan prosedur kerja itu harus mengandung
unsur tetap sehingga menjamin kelancaran dan kemantapan kerja.
Fleksibilitas
artinya bahwa dalam pelaksanaanya tidak kaku tetapi harus luwes yaitu masih memungkinkan diadakannya saling pergantian tugas.
Contoh : Salah seoerang tidak masuk atau kebetulan salah satu mesin
macet, maka pekerjaan harus tetap dapat terlaksana dan
diselesaikan.Jelaskan pengertian updateness suatu penyusunan system,
prosedur dan tata kerja!
Bahwa tata kerja, system kerja, dan prosedur kerja harus selalu
mengikuti perkembangan ( up to date ) dan kemajuan jaman dan teknologi.
sumber : http://beebobie.blogspot.com/2009/12/tata-kerja-prosedur-kerja-dan-sistem.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar